Jalan-jalan Turki day 2: Pamukkale!

bismillaah,

hari ini tujuan kami adalah wisata alam ke Pamukkale. Jarak dari kota Selcuk tempat kami bermalam ini ke Pamukkale kurang lebih 3 jam naik bus. Rencananya kami tidak akan menginap disana, cukup bermain-main seharian, lalu mengambil bus malam untuk ke tujuan berikutnya.

Hari kedua jalan-jalan kami di Turki, tepatnya tanggal 20 Juli, sudah memasuki bulan Ramadhan. Tapi, berhubung dalam keadaan safar yg juga akan sering berpindah2 kota dengan jarak yg jauh, juga cuaca yg ekstrim, kami memutuskan untuk menggunakan rukhsah (kemudahan) utk tidak berpuasa dulu.. *nambah deh utangnya hhe*


See you again, Selcuk :)
Pagi hari dibuka dengan sarapan khas Turki. Tiap hostel/hotel yang kami singghahi rata2 menawarkan menu yang serupa untuk sarapan. Kurang lebih isinya roti, selai, buah zaitun, tomat, timun, buah2an, dan telur..


Setelah sarapan, kami check out dari hostel dan segera menuju Otogar. Jadwal bus kami jam 9 30. Oiya, kami udah beli tiket dari kemarin sebenernya, lupa bilang hhe. Kami jaga2 beli tiket sehari sebelumnya. Harga tiketnya 25 TL per orang.

Sesampainya di Otogar, ga sengaja kami bertemu dgn pemilik hostel tempat kami menginap. Karena perjalanan kami masih sektiar setengah jam lagi, maka kami mengiyakan tawaran beliau untuk ngeteh dulu. Teh Turki cukup unik; rasanya cenderung agak pahit, gulanya adalah gula batu, dan selalu di gelas yang-kayak-gini:


lumayan, gratis ^^

Sebenernya saya rada ga enak dibeliin teh sama pemilik hostel, karena setahu saya harga teh ini lumayan mahal, sekitar 2 TL per gelasnya (bayangin teh 'doang' 10ribu). Tapi ternyata eh ternyata, harga teh untuk turis dan orang lokal dibedakan. Saya tahu info ini waktu ketemu orang Indonesia di bus. Jadi masyarakat lokal kalo beli teh harganya bisa seperempat harga turis. Huh, sebagai turis saya merasa dimanfaatkan..(?)


Ga lama, bis yang ditunggu-tunggu pun datang :)

woh ada tv-nya! *tapi ga bisa nyala --"

Di bus, kami di kasih snack dan minuman gratis. Busnya juga punya "pramugara", berdasi pula hehe, kereen


Pamukkale, we're coming!
Tiga jam kemudian, kami sampai di Otogar Denizli. Dari Denizli kami melanjutkan perjalanan dengan minibus ke Pamukkale tanpa dipungut biaya lagi.


welcome to pamukkale


Kami sampai di Pamukkale kurang lebih jam 1 siang, sampe sana kami langsung beli tiket bus untuk perjalanan malam nanti menuju Goreme, Cappadocia. Kami beli tiket bus di salah satu travel yg ada disana *sayangnya saya lupa nama travelnya*. Dari travel ini juga kami memesan tiket balon udara dan tur lokal untuk di Goreme nanti. Pelayanannya memuaskan deh :D Kami bahkan dibolehkan mandi dan istirahat gratis di hotel milik mereka. Mungkin karena persaingannya ketat kali ya, jadi mereka berlomba-lomba memberikan servis yang terbaik. Oiya, harganya tiket bus malam kami 55 TL per orang, untuk lama perjalanan 11 jam.

Setelah istirahat dan makan siang, saatnya eksplorasi Pamukkale! ^^


traventine! :D

traventine memang selintas terlihat seperti bukit-bukit salju, padahal sebenernya ga ada salju2nya hehe. Suhu waktu itu aja bisa mencapai 40 derajat o.O

kata mbah wiki, traventine ini adalah endapan mineral karbonat dari aliran air. Selain bukit2 'salju', traventine ini juga punya kolam-kolam yang bertingkat2 mirip terasering. Banyak lho wisatawan yg berenang disana,


luasnyaa traventine..


ga bisa naro tripod krn licin, hhe


pas kita main2 di traventine ini matahari lagi terik2nya. wih mau foto aja silau banget rasanya. begitu sampe atas pendakian *halah*, ada taman kecil, jadilah kita duduk2 dulu sambil mengumpulkan tenaga sebelum lanjut jalan2 lagi.


Hierapolis.. Traventine.. dan Sunset
Diatas traventine ada objek wisata lain, namanya Hierapolis atau kota sakral menurut bahasa Yunani, peninggalan dari jaman Yunani-Romawi dulu.

hierapolis


bayangkan ribuan tahun yang lalu ini adalah sebuah kota.. #teruskenapa


Hierapolis yang luaas banget ditambah udara musim panas yg aduhai, bikin saya makin mager nyusurin semuanya, hehe *alasan*. Begitu nemu bangku taman di bawah pohon rindang *tsaah*, kita ngadem (lagi) dulu de..


jalan2 ala saya; 40% leyeh2+poto2, 40% wisata kuliner, dan 20% beneran jalan :P

karena ga tau letak mesjid/musola, jadilah kita shalat di samping pohon-belakang bangku taman itu. sensasi diliatin orangnya mantabb..(?)


udah halaal :P


sok prewed.. nemu ilalang lsg jepret :p


Matahari udah mulai turun, suhu makin bersahabat.. Kita pun nyoba balik ke traventine lagi tapi kali ini lewat jalan lain.. trus nemu taman yang cantiik banget,


^_^


danau hijau di belakang itu adalah Pamukkale National Park


Kita nyusurin taman ini sampe akhirnya sampe ke traventine lagi,

siap menuruni traventine :D


ini sekitar jam 7 malam lho, masi terang..


penampakan traventine dari jauh.. indah ya ciptaan-Nya :) masyaaAllah


kebetulan kita liat ada kolam yang kosong, kita pun menginvasi kolam tsb untuuk: foto2! ^^

uhuuy!


dan akhirnya, detik2 sunset dari traventine..







"Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?"

capek dan pegel langsung ga kerasa abis liat keindahan ini.. masyaaAllah.. alhamdulillah..

setelah beli durum (sejenis kebab) seharga 5 TL, kami pun segera ke tempat beli tiket bus tadi. tepat jam 9 malam kami di jemput minibus menuju Otogar Denizli, untuk kemudian naik bus besar menuju Goreme, Cappadocia. Saatnya tiduuurr di bus! :D





-sekian catatan perjalanan kali ini -yang lebih cocok disebut kumpulan foto2-. see ya in the next post insyaaAllah, wassalamualaykum!-

Comments

  1. hihihi lucu juga liat feong narsis, apa ada todongan pistol dari lu ie?
    btw so sweet baget HUFF

    ReplyDelete
  2. Subhanallah iie..senang sekali melihat fotomu, terlihat sangat bahagiaaa (semoga beneran bahagia,hehehe bercanda, pasti bahagia laaaaah ). Can't wait for next story ^^ kyaaaa *maaf suka gaje*

    ReplyDelete
  3. makasi yulski :) alhamdulillah.. doain lancar nulis yg lainnya ya, terbebas dari virus malazz hehee.. kyaaa *ikutan geje hhe*

    ReplyDelete
  4. Mbak Iie, salam kenal, informasinya berguna banget, aku semua nyontek semua, transport harga2nya, tapi cappadocianya mana mbak hahahahahahaa.......terputus hahahaha...

    ReplyDelete
  5. salam kenal juga :D wah baguslah kalo gitu.. cappadocianya udah ada ni disini:
    hari ke 3--> http://dhefimaputri.blogspot.com/2012/11/jalan-jalan-turki-day-3-cappadocia.html

    hari ke 4--> http://dhefimaputri.blogspot.com/2012/11/jalan-jalan-turki-day-4-cappadocia.html

    :) semoga bermanfaatt

    ReplyDelete
  6. mba...
    mau tanya dong.
    itu travel yang dipakai/dipesan di pamukkale untuk di gorome apa yah?

    ReplyDelete
  7. nah itu dia yang saya lupa apa nama travelnya --" maap pisan ya.. atmosphere atau apa gitu

    ReplyDelete
  8. Mau tanya....saya 2 mgg lagi mau ke Turki.....tiket masuk Pamukkale berapa ya? Thanks

    ReplyDelete
  9. huks udah lupa :( sekitar 25 TL kayaknya.. siapin aja sekitar itu :D rata2 segituan ko

    ReplyDelete
  10. Tolong info nya ...heheheh , Udah inget belom nama travelnya untuk pesan ke Goreme nya? Atau lokasi tempat nyari nya deeeh... heheheh
    Aku perlu bgt niih.. mau kesana juga rencananya...
    Makasiih yaaa dah sharing...

    www.kata-bijak.com

    ReplyDelete
  11. mba subhanallah bikin ngiri :D
    mau tnya kira2 traveling ke turki total budgetnya brp ya? trmksh ;)

    ReplyDelete
  12. maaf ga inget nama travel ke goremenya, saya kemarin ga prepare dari indo jugautk travel ke goreme, seketemunya di pamukkale aja..

    alfi phie: kalo total ya tgantung gaya traveling, objek yg dikunjungi, dan durasinya juga ya. klo saya kemarin utk makan sekitar 5-7 lira sekali makan, hotel 40an euro semalem, tiket bis antar kota 50 tl, per tempat wisata di istanbul sendiri sekitar 25 tl, paket balon udara sekitar 120 euro. mangga dikalkulasi sendiri :)

    ReplyDelete
  13. Numpang tanya, kalo traventine pamukkale ada jam operasionalnya ga ya ? buka dan tutupnya jam berapa ? soalnya saya berangkat dari selcuk siang sekitar jam 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf saya lupa mba, mungkin bisa di website lain. maaf ga membantu hiks..

      Delete
  14. Assalamu'alaykun Mba Dery..mau nanya nih..pas tour ke Pamukale ini koper kita dititipkan dimana yah mba? Sama postingan yg Istanbul hari keduanya koq ga ada yah? Syukran.

    ReplyDelete
  15. waalaykumsalam wr wb, dititip di hotel yang dirujuk travel untuk ke capadocia mba.. ada disini: http://dhefimaputri.blogspot.co.at/2013/06/jalan-jalan-turki-day-6-7-last-days-in.html :)

    ReplyDelete
  16. Asw. Hi Mba..aku interest banget sm itinnya..Kalau boleh tau waktu explore pamukkale pake paket tur atau jalan sendiri ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di pamukkale explore sendiri aja. cukup mudah ko :D

      Delete
  17. maaf kak, boleh saya minta Contact personnya? saya lagi proses nulis novel dengan latar turki, tapi sayangnya saya belum pernah ke turki. mungkin nanti kakak bisa bercerita kepada saya semua hal tentang turki. biar saya punya gambaran tentang tempat-tempat mana saja yang akan saya tulis dalam novel saya. terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangga, langsung aja ke dhefimaputri@gmail dot com, wah keren sekali. tp saya udah 4 tahun lalu ke turkinya. kurang lebihnya di blog ini.. :)

      Delete
  18. Mbak beli tiket bus ke goremenya itu gimana? Mbk kan bilang belinya di travel agent begitu sampe di pamukkale.itu maksutnya di pemberhentian bus di pamukkale banyak kantor travel agent apa kantor travel agentnya jauh dari pemberhentian bus pamukkale?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persiapan IELTS Tanpa Preparation Class

Jalan-jalan Turki day 1: Ephesus!

Cerita Kehamilan di Indonesia dan Swedia